Lebih dua tahun lalu, kami mengunjungi Kampoeng Batja Jember. Kebetulan saaat itu, buku solo pertama saya yaitu Food Combining : Pola Makan Sehat , Enak dan Mudah, dan buku solo kedua yaitu Kuliah Jurusan Apa ? Jurusan Teknik Lingkungan sudah terbit.

Tujuan utama dari kunjungan ke Kampoeng Batja itu adalah bersilaturahmi dengan tokoh literasi pendiri Kampoeng Batja yaitu Eyang Iman Suligi, menyumbangkan buku kami dan buku dari teman - teman penulis.

Menyerahkan buku di Kampoeng Batja Jember
Menyerahkan buku karya sendiri dan karya teman - teman untuk menjadi bagian koleksi di Kampoeng Batja














Ternyata pada saat yang sama, ada mahasiswa Universitas Jember yang sedang mengadakan acara di Kampoeng Batja tersebut dan ada liputan media TV lokal. Gayung bersambut, saya , Widyanti Yuliandari, sebagai penulis didaulat untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan mengenai isi buku Food Combining, Pola Makan Sehat tersebut.

Pengalaman pertama ini sungguh mengesankan dikarenakan melihat kehidupan belajar yang semarak di Kampoeng Batja. Siapapun, mulai anak - anak hingga orang tua bisa belajar bersama dan mengeksplorasi pengetahuan serta rasa ingin tahu.

berbagi pengetahuan mengena pola makan sehat dan menulis
Berbagi pengetahuan mengenai pola makan sehat dan menulis


Relawan Kampoeng Batja Jember
Berdiskusi dengan mahasiswa, para relawan Kampoeng Batja


Sengaja kami tuliskan di sini, sebagai dokumentasi kegiatan dari kami yang juga menyenangi kegiatan belajar dan literasi. Juga menjadi pengingat bahwa kegiatan belajar bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Wawancara TV di Kampoeng Batja
Pendiri Kampoeng Batja, Eyang Iman Suligi diwawancarai media TV
wawancara media TV lokal
In Action :D